Sistem Pembayaran Pajak Direkam Secara Elektronik

1/27/2016 4:32:40 PM

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Sungailiat menyelenggarakan sosialisasi perpajakan penertiban bukti potong 1721 A1 dan A2 E Filling dan E Billing bagi bendahara sekolah, Selasa (26/1/2016) di Ruangan OR Kantor Bupati Bangka.

Kepala KP2KP Sungailiat,Tiung Florinda mengatakan E Billing merupakan pembayaran pajak melalui teller bank atau pos, ATM, atau internet banking dengan menggunakan "Kode Billing".

"Sistem Pembayaran Pajak direkam secara elektronik dan tidak perlu kertas berlembar-lembar," ungkapnya.

Dikatakannya, Billing System ini mempunyai beberapa keunggulan, seperti memperbaiki kelemahan arsitektur MPN 1, memperbaiki administrasi, mempermudah wajib pajak melakukan pembayaran, menurunkan compliance cost dan meningkatkan kepatuhan.

"Sistem ini lebih mudah, lebih cepat dan lebih akurat," tegasnya lagi.

Diterangkannya, sistem billing pajak ini mempunyai beberapa tahapan, yakni wajib pajak yang telah memiliki NPWP mendaftar menjadi pengguna Sistem Billing Pajak pada website billing pajak. Selanjutnya wajib pajak merekam billing pajak dan mendapatkan kode billing. Wajib pajak membayar mellaui teller banak atau menggunakan ATM/ internet banking dengan menggunakan kode billing yang telah diterbitkan.

"Semuanya mudah, cepat dan kode billing berlaku selama 2 8 24 jam," urainya.

Dijelaskan Tiung, penggunaan sistem billing ini terus disosialisasikan karena telah mempunyai dasar hukum yakni PMK-242/PMK.03/2014 tentang tata cara pembayaran dan penyetoran pajak, PMK-32/PMK.05/2014 tentang sistem penerimaan negara secara elektronik dan PER-26/p;/2014 tentang sistem pembayaran pajak secara elektronik.

"Ubah paradigmanya, karena tidak akan ribet dan justru mudah dan praktis menggunakan sistem billing ini," pesannya.

Sumber: http://bangka.tribunnews.com/2016/01/27/sistem-pembayaran-pajak-direkam-secara-elektronik

Rabu, 27 Januari 2016 14:02


Eselon I Kementerian Keuangan