Bea dan Cukai Bandar Lampung Akan Datangkan Alat Gamma Ray

1/29/2016 7:36:39 AM

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Bandar Lampung ingin mengedepankan layanan berbasis information technology (IT) atau teknologi informasi.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kepala Kantor KPPBC Tipe Madya Pabean B Bandar Lampung, Beni Novri saat berkunjung ke Kantor Tribun Lampung, Kamis (28/1/2016).

"Belum lama ini, kami memperingati hari Kepabeanan Nasional yang ke-64 dengan tema Digital Custom. Jadi, Bea dan Cukai ingin mengedepankan pelayanan berbasis IT," paparnya.

Menurutnya, pelayanan berbasis IT difungsikan dalam rangka peningkatan keamanan dalam pelayanan. Sehingga, peredaran dan penyimpanan barang, baik keluar atau masuk, dapat teridentifikasi dengan baik.

"Ke depannya, kami akan tingkatkan keamanan berbasis IT, yakni bagaimana custom digital difungsikan dengan baik, seperti yang digunakan saat ini, yakni x-ray. Sehingga, peredaran dan penyimpanan bisa diatasi, dan tidak terjadi penyelewengan," tuturnya.

Pengamanan menggunakan x-ray biasanya berada di tempat barang datang atau keluar, seperti di pelabuhan atau kantor pos.

Menurut Beni, petugas akan melakukan pemindaian barang yang keluar atau masuk.

"Dan jika ditemukan indikasi barang ilegal atau tak berizin, maka kami akan melakukan penindakan sesuai aturan yang berlaku," papar Beni.

Beni memaparkan, tugas dan fungsi bea dan cukai sebagai pemungut dan penerimaan dari biaya masuk barang.

"Jadi, tugas khusus kami sebagai trend fasilitator, yakni melayani, khususnya perdagangan barang ekspor dan impor," ungkapnya.

Bea dan Cukai juga bertugas sebagai multiprotektor, yakni melindungi masyarakat. Misalnya, menangkap pengedar sabu atau narkotika di bandara, serta pengamanan barang lain yang tidak dilengkapi izin.

"Kami bertugas guna meningkatkan pengawasan dan melaksanakan pengamanan barang yang ilegal, termasuk penyelundupan. Sejak 2006, kami sudah masuk INSW (Indonesia National Single Window). Jadi, data dan informasi disampaikan secara tunggal," tuturnya.

Pada 2016, dalam rangka meningkatkan pelayanan berbasis IT, KPPBC Tipe Madya Pabean B Bandar Lampung akan menghadirkan alat baru untuk pemindaian barang berupa gamma ray.

Alat itu befungsi lebih canggih dalam melakukan pemindaian barang menggunakan radiasi sinar gamma, yang dapat digunakan secara statis dan dinamis.

"Jadi, dengan alat tersebut, kami dapat menghasilkan image dari suatu barang. Dengan tujuan, dapat memeriksa kargo tanpa harus membongkar isi kontainer. Informasinya tahun ini, untuk pengadaan gamma ray. Namun, ini masih menunggu kejelasan dari pusat," pungkasnya.

Sumber: http://lampung.tribunnews.com/2016/01/28/bea-dan-cukai-bandar-lampung-akan-datangkan-alat-gamma-ray

Kamis, 28 Januari 2016 22:11


Eselon I Kementerian Keuangan