Pengusaha Minta Tax Amnesty untuk Wajib Pajak yang Punya Aset di RI

2/23/2016 1:53:03 PM

Jakarta -Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) meminta pengampunan pajak atau tax amnesty juga berlaku bagi wajib pajak yang memiliki aset di dalam negeri, namun belum dilaporkan. Sebab, menurut Ketua umum Apindo, Hariyadi Sukamdani, tax amnesty bukan semata-mata untuk menarik dana dari luar negeri (repatriasi), melainkan juga untuk memperluas data para wajib pajak.

"Tax amnesty kita minta kepada pemerintah itu tidak semata-semata untuk repatriasi modal dari luar ke dalam, tetapi juga di dalam negeri sendiri potensi untuk pemutihan, untuk pengampunannya juga besar. Sayang kan sudah bikin tax amnesty, tapi cuma mengharapkan modal dari luar ke dalam negeri," ujar Hariyadi kepada detikFinance, Senin (22/2/2016).

Hariyadi mengatakan, wajib pajak yang memiliki aset di dalam negeri juga harus mendapat kesempatan untuk mengikuti tax amnesty. Sebab, potensi data wajib pajak di dalam negeri yang selama ini belum dilaporkan, juga cukup besar.

Wajib pajak tersebut bukan hanya pengusaha, melainkan juga bisa dari wajib pajak pribadi. Misalnya, orang yang dapat warisan harta dari orang tuanya, namun tidak dilaporkan.

Menurut Hariyadi, jika tax amnesty juga berlaku untuk wajib pajak di dalam negeri, maka upaya untuk memperluas database para wajib pajak akan membuahkan hasil maksimal.

"Jangan semata-mata mengharapkan modal dari luar ke dalam negeri, yang di dalam negeri potensinya juga besar. Yang di dalam negeri juga harus dikasih kesempatan supaya hasilnya besar, hasil yang dicapai untuk mendapatkan database pajak semakin besar," kata Hariyadi.

Dia menambahkan, Apindo sudah menyampaikan permintaan itu kepada pemerintah untuk dibawa dalam pembahasan RUU tax amnesty dengan DPR.

" Kita mintanya juga untuk berlaku di dalam negeri juga ada, jadi harus dua berlakunya, karena sayang sudah capek-capek keluarkan undang-undang pengampunan pajak, dapatnya cuma dari luar negeri. Padahal kan bisa maksimal kalau berlaku juga untuk wajib pajak di dalam negeri," pungkas Hariyadi(hns/ang)

Sumber: http://finance.detik.com/read/2016/02/23/112030/3148749/4/pengusaha-minta-tax-amnesty-untuk-wajib-pajak-yang-punya-aset-di-ri

Selasa, 23/02/2016 11:20 WIB


Eselon I Kementerian Keuangan