Dirjen Pajak Jawa Tengah Siapkan Sel Khusus Penunggak Pajak

3/7/2016 1:41:22 PM

Metrotvnews.com, Jepara: Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah I gencar menindak penunggak pajak. Sejumlah lembaga pemasyarakatan (LP) dan rumah tahanan (Rutan) di Jawa Tengah diminta menyediakan sel khusus bagi penunggak pajak.

Salah satunya instansi yang sudah menyediakan bilik penjara kecil bagi penunggak pajak yakni Rutan Kelas II B Jepara. Kepala Kanwil Dirjen Pajak Jawa Tengah I Dasto Ledyanto mengatakan, setelah sosialisasi sejak satu tahun terakhir, pihaknya siap menindak penunggak pajak mulai tahun ini.

"Tahun ini di Semarang sudah ada dua penunggak pajak yang diproses. Tapi satu (orang) belum sempat disandera sudah melunasinya, karena dimasukkan ke dalam sel itu berat konsekuensinya," kata Dasto Ledyanto saat ditemui Metrotvnews.com, Minggu (6/3/2016).

Proses penahanan penunggak pajak itu tidak harus melalui proses sidang. Kanwil DJP Jawa Tengah I berharap sel khusus penunggak pajak ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak.

"Proses gijzeling atau penyanderaan badan ini pengajuannya kepada Kementerian Keuangan. Lama penahanan 6 bulan dan bisa diperpanjang satu kali. Itu menunggu lelang aset wajib pajak," kata dia.

Sementara itu, Kepala Rutan Jepara Sri Yanti menuturkan, sel bagi penunggak pajak telah disiapkan berdampingan dengan sel wanita. Tidak ada fasilitas khusus yang disiapkan Rutan di dalam sel itu.

"Kami hanya menyiapkan tempat saja. Untuk fasilitas yang lain kami serahkan kepada Dirjen Pajak," kata Sri Yanti.

Sumber: http://jateng.metrotvnews.com/read/2016/03/07/494900/dirjen-pajak-jawa-tengah-siapkan-sel-khusus-penunggak-pajak

07 Maret 2016 10:53 WIB


Eselon I Kementerian Keuangan