Kantor Bea dan Cukai Malang Siap Beri Asistensi Bagi Pengelola Pabrik Rokok

3/7/2016 1:53:02 PM

LENSAINDONESIA.COM: Kantor Bea Cukai Malang, berencana memberikan asistensi pada pabrik rokok. Rencana yang merupakan terobosan baru itu diungkapkan Kepala Bea Cukai Malang, Rudi ‎ HK, Kamis (3/3/2016).

Rudi HK mengatakan bahwa target tahun 2016 ini sebesar Rp15,4 triliun. Dia optimistis target tersebut bisa tercapai. “Apalagi jika dilakukan asistensi atau pendampingan pada pengelola pabrik rokok,” papar dia.
Dijelaskan dia bahwa ‎ pada tahun 2015 Kantor Bea dan Cukai Malang melampaui target. Sebab, hasil pendapatan cukai itu mencapai Rp16,25 triliun.
Menurut dia, untuk bisa mencapai target pendapatan itu tidak hanya melakukan pengawasan secara ketat dan penindakan dengan tegas. Namun, juga perlu melakukan asistensi terhadap pabrik-pabrik yang ada di wilayah Malang.
Menurut dia, ada 124 pabrik rokok di wilaya kerjanya.  Dari sejumlah itu ada 20 pabrik yang perlu mendapatkan asistesi atau pendampingan. “Itu karena mereka tidak paham bagaimana melaporkan pita cukainya,” kata dia.
Makanya, dia akan menempatkan tim khusus di tiap pabrik rokok yang harus menjalani pendampingan itu. Tim khusus itu merupakan staf dari Kantor Bea dan Cukai Malang.
Selain asistensi, kata dia, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi pada masyarakat dan pengelola pabrik rokok terkait pita cukai. ‎Sebab, menurut dia banyak masyarakat yang belum paham soal pita cukai rokok.
“Baik itu terkait dengan pita cukai rokok asli dan yang palsu. Ini perlu kami lakukan agar mereka paham,” kata dia.
Hal itu mengingat, soal pita cukai rokok ini untuk pengendalian terhadap barang yang berdampak negatif bagi masyarakat. “Agar bisa dikendalikan, ‎maka harus pakai pita cukai rokok,” papar dia.
Pengendalian itu bisa efektif, tegas dia jika ada unsur manfaat bagi negara. Makanya, pita cukai rokok merupakan bukti bahwa pengelola rokok sudah memenuhi kewajibannya pada negara dengan membayar atau membeli pita cukai rokok itu.

Karena itu, tegas dia, pita cukai rokok tersebut tidak bisa dipalsu. Sebab, dibuat dengan kertas khusus, dilengkapi hologram berteknologi teknggi. “Jadi tidak mudah dipalsu,” pungkasnya.

Sumber: http://www.lensaindonesia.com/2016/03/04/kantor-bea-dan-cukai-malang-siap-beri-asistensi-bagi-pengelola-pabrik-rokok.html

04/03/2016


Eselon I Kementerian Keuangan