Gubernur Rano Manfaatkan Pelaporan Pajak Melalui E-Filing

3/8/2016 8:17:33 AM

SERANG (Pos Kota) – Gubernur Banten Rano Karno menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan pajak penghasilan secara online dengan menggunakan e-filing.

Laporan SPT tahunan PPh orang pribadi tahun pajak 2015 ini dilakukan di ruang kerjanya di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Senin (07/03).

Gubernur Banten usai menyampaikan SPT tahunan mengatakan, e-filing merupakan suatu keharusan, karena dinilai sangat efisien dan memudahkan wajib pajak.

“Dengan era digital ini saya bersyukur kantor pajak sudah melakukan e-filing. Dengan pelaporan ini menjadi sangat mudah, cepat dan punya data akurat serta dapat diakses kapanpun dan dimanapun selama 24 jam,” ungkap Gubernur didampingi Sekda Banten Ranta Suharta dan Kepala DPPKD Banten Nandy Mulya.

Gubernur juga menuturkan, bahwa pajak adalah instrumen yang sangat penting dalam keuangan negara.  Pajaklah yang menggelorakan kemajuan pemerintahan. “Kami mengajak masyarakat Banten, khususnya wajib pajak untuk taat  bayar pajak. Karena pajak ditujukan untuk pembangunan,” kata Rano.

Sementara, Pelaksana harian (Plh) Kepala  Kanwil Direktorat Jendral Pajak Banten, Imam Arifin menghimbau seluruh wajib pajak untuk memanfaatkan fasilitas yang disediakan Ditjen Pajak termasuk pelaporan SPT secara online melalui e-filing.

Tauladan Bagi Masyarakat

“Sebagai tokoh masyarakat, penyampaian SPT oleh gubernur ini merupakan tauladan bagi masyarakat serta diharapkan mampu mendorong masyarakat wajib pajak lainnya untuk mengikuti,” kata Iman.

Menurutnya, kepatuhan wajib pajak yang masih rendah, merupakan tantangan bagi Kanwil DJP Banten untuk bisa terus mengajak wajib pajak untuk mau dan patuh melaporkan SPT tahunannya, dengan batas akhir 31 Maret 2016 bagi wajib pajak orang pribadi dan 30 April 2016 bagi wajib pajak badan.

“Untuk Provinsi Banten termasuk rendah yaitu pada angka 594.839 SPT atau 49.7 % dari target 1.19 juta SPT.  Dengan rincian penyampaian SPT PPh orang pribadi sebanyak 565.923 SPT atau 49.51 % dan PPT PPh badan sebanyak 29.566 atau 54 %,” sebut iman. (haryono/win)

Sumber: http://poskotanews.com/2016/03/07/gubernur-rano-manfaatkan-pelaporan-pajak-melalui-e-filing/

Senin, 7 Maret 2016 — 17:44 WIB


Eselon I Kementerian Keuangan