Bea dan Cukai Solo Gagalkan Peredaran Sabu dalam Mannequin

4/8/2016 2:56:26 PM

Metrotvnews.com, Solo: Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Solo menggagalkan pengiriman narkoba jenis sabu-sabu (methamphetamine HCL) yang disembunyikan di dalam patung (mannequin). Petugas menemukan sabu seberat 602 gram senilai Rp1.204.000.000 di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, pada Selasa 5 April.

"Berawal dari kecurigaan kami pada lima buah maneken perhiasan. Ternyata setelah kami lakukan pembongkaran, pada masing-masing leher maneken ada bungkusan hitam. Setelah dilakukan narco test, isi barang tersebut adalah sabu-sabu," kata Kepala Bea dan Cukai Solo, Yosef Hendriyansah, Rabu (6/4/2016).

Yosef mengungkapkan kasus pengiriman narkoba dalam mannequin melalui kantor pos ini pertama kali ditemukan. Diduga pengedaran narkoba ini melibatkan jaringan internasional. Hal tersebut diketahui dari pengirim paket yang beralamat di Nigeria.

"Berdasarkan data dari kantor pos, maneken itu ditujukan untuk YAS dengan alamat Padangan, Jungke, Karanganyar, Jawa Tengah. Kami pun bekerja sama dengan polisi meringkus YAS," kata dia.

Berdasarkan pengembangan penyelidikan, petugas menangkap pemilik barang berinisial IJRIT dan tangan kanannya, AR.

Tersangka dijerat Pasal 102 huruf e Undang Undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang perubahan atas Undang Undang Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan. Tersangka juga terjerat Pasal 113 Ayat (2) Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Kasus narkoba yang melibatkan jaringan internasional ini diserahkan kepada Direktorat IV Bareskrim Polri.

Sumber: http://jateng.metrotvnews.com/peristiwa/8KyO1BXb-bea-dan-cukai-solo-gagalkan-peredaran-sabu-dalam-mannequin

06 April 2016 11:19 WIB


Eselon I Kementerian Keuangan