Rapat Akhir Periode Komite Pengawas Perpajakan Masa Kerja 2016-2019

10/22/2019 4:27:26 PM

Jakarta - (22/10) Komite Pengawas Perpajakan mengadakan kegiatan rapat akhir periode Komite Pengawas Perpajakan masa kerja 2016-2019 pada hari Selasa, 22 Oktober 2019 di ruang rapat Komite Pengawas Perpajakan, Gedung Juanda II, Lantai XIV, Jakarta yang turut mengundang Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI), Asosiasi Logistik dan Fowarder Indonesia (ALFI), dan Asosiasi Konsultan Pajak Publik Indonesia (AKP2I).

Keanggotaan Komite Pengawas Perpajakan masa kerja 2016-2019 yaitu Prof. Dr. Gunadi, M.Sc., Ak selaku Ketua Komite Pengawas Perpajakan, Dr. Sumihar Petrus Tambunan, Drs. Joko Wiyono M.A., dan Benedictus Raksaka Mahi, Ph.D. selaku Anggota Komite Pengawas Perpajakan, serta Dr. Hadiyanto, SH, LLM. dan Sumiyati, Ak., M.F.M. selaku Anggota ex-officio Komite Pengawas Perpajakan.

Bapak Prof. Dr. Gunadi, M.Sc., Ak memaparkan materi kinerja Komite Pengawas Perpajakan 2016-2019 diantaranya mengangkat tema mengenai perluasan tax base, insentif investasi, pelayanan/birokrasi, dan administrasi perpajakan berbasis teknologi informasi. Selanjutnya disampaikan daftar rekomendasi Pajak dan Kepabeanan dan Cukai, statistik data pengaduan, komunikasi publik, kunjungan kerja, dan studi banding.

Ibu Sumiyati, Ak., M.F.M. menyampaikan pesan dan kesan berupa apresiasi kepada Komite Pengawas Perpajakan yang telah mencurahkan waktu dan pemikirannya untuk perbaikan administrasi perpajakan, apresiasi juga diberikan kepada Sekretariat Jenderal, DJP, DJBC, BKF, dan asosiasi. Ibu Sumiyati, Ak., M.F.M. berharap semangat dan niat untuk memperbaiki administrasi perpajakan terus terjaga dan dapat ditingkatkan.

Bapak Nugroho Wahyu perwakilan dari DJBC menyampaikan pesan dan kesan bahwa sangat mengapresiasi Komite Pengawas Perpajakan yang telah memberikan rekomendasi terutama berkaitan dengan reformasi Kepabeanan dan Cukai sehingga DJBC berada dalam jalur reformasi yang sesuai. Harapan yang disampaikan yaitu agar hubungan yang selama ini terjalin dapat terus dijaga dengan baik.

Bapak M. Ali Shodiqin perwakilan dari DJP menyampaikan pesan dan kesan bahwa DJP juga mengapresiasi rekomendasi berupa solusi terbaik yang telah diberikan oleh Komite Pengawas Perpajakan.  Bapak M. Ali Shodiqin juga menyampaikan bahwa rekomendasi Komite Pengawas Perpajakan berkaitan dengan pengaduan dari Wajib Pajak telah ditindaklanjuti dan menjadi bahan perbaikan bagi DJP. Harapan yang disampaikan yaitu agar kerjasama tetap terjalin dengan baik.

Bapak Kismantoro Petrus perwakilan dari IKPI menyampaikan pesan dan kesan berupa penghargaan kepada Komite Pengawas Perpajakan dan menyatakan bahwa Komite Pengawas Perpajakan tidak hanya berperan sebagai pengawas, namun juga sebagai pemberi arahan dan bimbingan yang berguna bagi organisasi. Bapak Kismantoro Petrus berharap kerjasama Komite Pengawas Perpajakan dengan IKPI dapat ditingkatkan terutama dalam hal pengembangan profesi berkelanjutan di IKPI.

Bapak Muhyan perwakilan ALFI dan Bapak Musindra Wijaya perwakilan AKP2I menyampaikan penghargaan kepada Komite Pengawas Perpajakan karena telah membantu, mengakomodir, dan menyampaikan permasalahan dari asosiasi ke DJP dan DJBC dan berharap dapat terus bersinergi dan bekerjasama.

Bapak Dr. Hadiyanto, SH, LLM. menyampaikan apresiasi kepada Komite Pengawas Perpajakan dan menyatakan bahwa Komite Pengawas Perpajakan sekarang lebih dinamis dan proaktif dalam menghasilkan rekomendasi perpajakan yang penting. Bapak Dr. Hadiyanto, SH, LLM. berharap agar kinerja Komite Pengawas Perpajakan dapat ditingkatkan untuk memastikan pelaksanaan administrasi perpajakan semakin bagus. Bapak Dr. Hadiyanto, SH, LLM. juga menyampaikan pesan bahwa Menteri Keuangan mengapresiasi kinerja Komite Pengawas Perpajakan dan akan memantau rekomendasi yang telah disampaikan untuk bisa diimplementasikan dalam rentang short, medium, atau long term.

Bapak Prof. Dr. Gunadi, M.Sc., Ak mewakili Komite Pengawas Perpajakan memberikan tanggapan berupa ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah menjadi partner. Komite Pengawas Perpajakan melakukan pengawasan yang bersifat strategis, berdasarkan prioritas, sesuai dengan kondisi, serta berpikir ke depan. Komite Pengawas Perpajakan juga berusaha menyelesaikan pengaduan dari masyarakat dengan baik.

            Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata kepada Komite Pengawas Perpajakan, sesi foto bersama, dan ramah tamah. (VMI)


Eselon I Kementerian Keuangan