Pelantikan Wakil Ketua Komite Pengawas Perpajakan Periode 2019-2022

1/3/2020 1:03:51 PM
JAKARTA – Jumat (3/1), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melantik Dr. Robert Pakpahan, Ak. sebagai Wakil Ketua sekaligus Anggota Komite Pengawas Perpajakan (Komwasjak) Periode 2019-2022. Sebelumnya, Menteri Keuangan telah melantik 6 (enam) anggota Komite lainnya pada 20 Desember 2019.
Dalam kesempatan tersebut, Sri Mulyani menekankan posisi Komwasjak sebagai warga Kementerian Keuangan yang dibentuk untuk mendukung fungsi pengawasan perpajakan di Indonesia. Perjalanan karier Robert Pakpahan selama lebih dari 35 tahun akan menjadi modal dalam memberikan dukungan kepada Reformasi Perpajakan. 
Komwasjak selama ini aktif memberikan rekomendasi di bidang perpajakan dan kepabeanan dan cukai. Rekomendasi ini perlu terus dimonitor kemampuan implementasinya dan manfaat bagi peningkatan kinerja DJP dan DJBC.
Mardiasmo dan Robert Pakpahan selaku Ketua dan Wakil Ketua Komwasjak dengan pemahaman atas kinerja DJP dan DJBC diharapkan memberikan efektivitas pengawasan Komwasjak, terutama dalam upaya ekstensifikasi, perbaikan, dan simplifikasi pembayaran pajak dan kepabeanan dan cukai serta peningkatan kepatuhan Wajib Pajak.
Pelaksanaan reformasi perpajakan tahun ini difokuskan kepada pembangunan dan perbaikan struktur organisasi dan bisnis proses serta manajemen SDM dalam bentuk omnibus law bidang perpajakan. Perlu dilakukan diseminasi kepada seluruh stakeholder dalam menyosialisasikan isi omnibus law. 
Menteri Keuangan mengarahkan agar Komwasjak mendampingi Kementerian Keuangan dalam mengawal omnibus law sekaligus menjadi partner untuk mendengarkan masukan yang berkualitas dan kredibel dari masyarakat. Komwasjak menjadi partner DJP DJBC dalam membangun sistem pajak yang adil dan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa pajak merupakan tulang punggung negara. 
Lebih lanjut, Komwasjak diharapkan memiliki perspektif sebagai policy maker dan mampu merespons dinamika ekonomi yang tidak mudah diprediksi. 
Terakhir, Menteri Keuangan mengingatkan agar Komwasjak mampu mendorong terwujudnya program prioritas Presiden melalui instrumen perpajakan. (VMI)

Eselon I Kementerian Keuangan