Komunikasi Publik - Indonesia National Single Window (INSW): Konsep dan Implementasi

3/23/2017 3:13:12 PM

Jakarta, 22/03/2017 Komwasjak. Komite Pengawas Perpajakan menyelenggarakan kegiatan Komunikasi Publik dengan tema Indonesia Nasional Single Window (INSW): Konsep dan Implementasi pada hari Rabu (22/03) di Aula Nagara Dana Rakca, Gedung Radius Prawiro-Komplek Kementerian Keuangan Jakarta. Acara tersebut dihadiri oleh para stakeholder INSW baik dari para pengambil kebijakan maupun perusahaan importir/eksportir.

Acara ini diselenggarakan sebagai sarana untuk bertukar ide/gagasan di antara pihak-pihak terkait (stakeholder INSW), sehingga  diharapkan dapat diketahui secara menyeluruh mengenai kondisi, hal-hal yang sedang dihadapi, dan hal-hal yang perlu dilakukan terkait keberadaan INSW saat ini.

Dalam acara tersebut Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan(Bapak Heru Pambudi), Direktur Fasilitasi Ekspor dan Impor, Kementerian Perdagangan (Ibu Ani Mulyati), Ketua II BPP GINSI (Bapak Erwin Taufan), serta Sekretaris PP INSW (Bapak Kukuh Sumardono Basuki), bertindak sebagai narasumber dengan memberikan paparan terkait  Indonesia Single Risk Management, Perijinan Lartas di Kementerian Perdagangan, Manfaat-hambatan dan harapan INSW, serta INSW Kondisi Saat ini dan pengembangannya.

Sebelumnya Komite Pengawas Perpajakan juga telah menyelenggarakan kegiatan Komunikasi Publik dengan tema E-Commerce: Konsep dan Implementasi, pada tanggal 22 Februari 2017 di Hotel Aryaduta Jakarta. Acara tersebut dihadiri oleh beberapa pengusaha E-Commerce yang tergabung dalam Asosiasi E-Commerce Indonesia (IdEA), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), serta Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO).

Dalam acara tersebut Direktur E-Bisnis, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Ir. Azhar Hasyim, M.I.T); Head of Financial Technology (Fintech) Office-Bank Indonesia (Junanto Herdiawan S.E., M.A.); Head Division of Taxation, Infrastructure and Cyber Security, Indonesia E-Commerce Association (Bima Laga, S.E); perwakilan dari Direktorat Bina Usaha dan Pelaku Distribusi, Kementerian Perdagangan (enzelin S); serta perwakilan dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (Sarwani D), bertindak sebagai narasumber dan menyampaikan materi terkait Infrastruktur Telematika dan Peta Jalan E-Commerce di Indonesia; Financial Technology dan National Payment Gateway di Indonesia; Tantangan dan Harapan Pelaku Bisnis E-Commerce di Indonesia; Regulasi untuk Memperkuat Ekosistem Bisnis E-Commerce di Indonesia; serta Peranan Internet Service Provider (ISP) dalam Pengembangan E-Commerce di Indonesia. (tu)


Eselon I Kementerian Keuangan