Komunikasi Publik - Optimalisasi Penyelesaian Sengketa Pajak Sebagai Upaya Membangun Kepercayaan Publik

4/27/2017 1:03:09 PM

Jakarta, 27/4/2017 Komwasjak - Komite Pengawas Perpajakan (Komite) kembali menyelenggarakan acara kegiatan Komunikasi Publik pada tanggal 26 April 2017. Pada kesempatan kali ini, Komite memilih tema “Optimalisasi Penyelesaian Sengketa Pajak  Sebagai Upaya Membangun Kepercayaan Publik”. Pemilihan tema tersebut ditujukan untuk mendapatkan saran dan/masukan terkait alternative solusi dalam rangka optimalisasi proses penyelesaian sengketa pajak khususnya penyelesaian sengketa di jalur non litigasi dan juga untuk mendapatkan informasi agenda reformasi perpajakan khususnya terkait dengan upaya peningkatan kelayakan proses penyelesaian sengketa pajak.

Dalam acara yang diselenggarakan di Ruang Rapat Komite Pengawas Perpajakan, Gedung Juanda II Lantai 14 tersebut, Komite mengundang beberapa narasumber untuk mensajikan materi yang berkaitan dengan penyelesaian sengketa pajak. Pada kesempatan pertama disajikan materi overview penyelesaian sengketa pajak, yang disampaikan oleh Bapak Budi Suroso dari Direktorat Keberatan dan Banding. Materi kedua terkait dengan Efektivitas Penyelesaian Sengketa Pajak di Pengadilan Pajak, disampaikan oleh Ketua Pengadilan Pajak, Bapak Tri H Wahyudi. Selanjutnya sebagai pemateri terakhir, Bapak Darussalam dari DDTC menyampaikan beberapa hal terkait penyelesaian sengketa pajak melalui jalur Non Litigasi (antara Harapan dan kenyataan).

Beberapa Wajib Pajak (Perusahaan) yang pernah mempunyai masalah terkait sengketa pajak, Konsultan Pajak Besar (PWC, EY, PB Taxand, DDTC), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan beberapa asosiasi seperti IKPI, AKP2I, IAPI hadir untuk mengikuti acara dan memberikan masukan/pendapatnya secara langsung.

Selain itu, acara juga dihadiri oleh Pejabat/perwakilan dari internal Kementerian Keuangan, yaitu: Staf Ahli Bidang Pengawasan, Tenaga Ahli Bidang Perpajakan, Inspektorat Jenderal, Direktorat Keberatan dan Banding, Direktorat KITSDA, Direktorat Pemeriksaan dan Penagihan, serta Tenaga Pengkaji Bidang Pengembangan Kapasitas dan Kinerja Organisasi DJBC selaku LO DJBC untuk Komite. (NKW)



Eselon I Kementerian Keuangan