Kunjungan Kerja Komite Pengawas Perpajakan ke Ombudsman RI

1/22/2019 9:14:27 AM

Jakarta - Komwas Perpajakan pada Senin (21/1) melakukan kunjungan kerja ke Ombudsman RI. Pada kesempatan itu, komite diterima langsung oleh Anggota Ombudsman RI yaitu Dadan Suparjo Suharmawijaya dan Ahmad Alamsyah Saragih. Sementara dari Komite Pengawas Perpajakan  (Komwasjak) hadir Ketua Komite dan 3 (tiga) Anggota Komite, yaitu Gunadi, Sumihar Petrus Tambunan, Joko Wiyono dan Raksaka Mahi.

Permasalahan yg ditangani Komwasjak adalah yang bersifat strategis dan sistemik. Sebagaimana Ombudsman RI,  Komwasjak juga menerima pengaduan masyarakat namun secara khusus terkait permasalahan perpajakan (pajak dan bea cukai). Komwasjak akan memberikan saran dan/atau rekomendasi atas pengaduan yang mempunyai dampak luas terhadap wajib pajak, khususnya terkait regulasi/peraturan perpajakan kepada Menteri Keuangan dan/atau Instansi Perpajakan. Dalam penjelasannya, Ketua  Komwasjak berharap sinergi antara Komwasjak dengan Ombudsman RI dapat dilaksanakan dalam rangka penangangan pengaduan yang terkait permasalahaan perpajakan. Hal ini sangat penting dalam rangka mendorong terwujudnya kultur, nilai dan tata kelola pemerintahan yang baik di bidang perpajakan. Selain itu juga dalam rangka mendorong peningkatan kualitas kebijakan dan administrasi perpajakan serta meningkatkan kepercayaan masyarakat (mutual trust) masyarakat terhadap instansi perpajakan.

Ombudsman RI sebagai Lembaga Negara yang mempunyai kewenangan mengawasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik baik yang diselenggarakan oleh penyelenggara Negara dan pemerintahan termasuk yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, dan Badan Hukum milik Negara serta Badan Swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja Negara dan/atau anggran pendapatan dan belanja daerah sangat menyambut baik pertemuan dengan Komwasjak. Pertemuan ini diharapkan sebagai langkah awal kerjasama dan sinergi Komwasjak dengan Ombudsman RI yang menghasilkan kesepakatan dalam rangka penanganan pengaduan perpajakan.

Pertemuan diakhiri dengan saling bertukar cenderamata sebagai simbol kerja sama yang ke depan akan lebih baik antara Komite Pengawas Perpajakan dan Ombudsman RI. (UW)


Eselon I Kementerian Keuangan