Talkshow Perpajakan: "Aspek Perpajakan dan Potensi Bisnis E-Commerce bagi Generasi Milenial"

3/14/2019 1:28:16 PM

Bandung - Komwas Perpajakan bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Padjajaran (Unpad) pada Rabu (13/3) mengadakan kegiatan Komunikasi Publik dengan format Talkshow Perpajakan dengan tema Aspek Perpajakan dan Potensi Bisnis E-Commerce bagi Generasi Milenial dengan peserta mahasiswa D4 Perpajakan Unpad. Pada kegiatan ini menghadirkan 3 (tiga) narasumber, yaitu: Prof. Gunadi, M.Sc., Ak (Ketua Komite Pengawas Perpajakan), Dr. Srihadi W. Zarkasyi, Ak., CA (Ketua Prodi D4 Akuntansi Perpajakan FEB Unpad) dan Bima Laga (Ketua Bidang Ekonomi Digital iDEA). Kegiatan dilaksanakan di LEAD Building FEB Unpad.

Dalam paparannya, Prof. Gunadi memperkenalkan Komite Pengawas Perpajakan ke kalangan akademisi dan mahasiswa D4 Akuntansi Perpajakan Unpad terkait keberadaan dan tugas fungsi lembaga tersebut.Selain itu, Prof Gunadi juga menyampaikan materi terkait perlakuan perpajakan atas transaksi perdagangan melalui sistem elektronik (E-Commerce). Sementara itu Dr Srihadi memaparkan terkait Era Revolusi Industri 4.0 dan Kesiapan Program Studi Akuntansi Perpajakan.

Sementara Bima Laga selaku narasumber ketiga menyampaikan materi terkait Roadmap E-Commerce: Membangun Sebuah Sistem dalam Meningkatkan Produktivitas. Dalam roadmap tersebut terdapat aspek-aspek yang harus diperhatikan, diantaranya: pendanaan, perpajakan, perlindungan konsumen, pendidikan & SDM, infrastruktur komunikasi, logistik dan keamanan siber. “Pelaku industri E-Commerce mengharapkan penyederhanaan kewajiban perpajakan”, kata Bima Laga menyinggung masalah perpajakan kaitannya dengan industri E-Commerce.

Kegiatan diakhiri dengan diskusi antara narasumber dengan pesrta dan dilanjutkan dengan saling tukar menukar cenderamata sebagai simbol kerja sama antara Komite Pengawas Perpajakan dengan FEB Unpad, pembagian doorprize bagi peserta dan sesi foto bersama. (UW)


Eselon I Kementerian Keuangan