Study Visit Komite Pengawas Perpajakan ke Republik Rakyat Tiongkok

4/2/2019 3:39:37 PM

Tiongkok – Komite Pengawas Perpajakan melakukan Study Visit ke Republik Rakyat Tiongkok dalam rangka mendukung fungsi pengawasan kebijakan dan administrai perpajakan pada tanggal 17 s.d 23 Maret 2019. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua Delegasi, Dr. Hadiyanto, S.H., LLM.  (Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan selaku Anggota Ex-Officio Komite Pengawas Perpajakan), dan diikuti oleh: Prof. Dr. Gunadi, M.Sc., Ak (Ketua Komite Pengawas Perpajakan), Sumiyati, Ak. MFM (Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan selaku Anggota Ex-Officio Komite Pengawas Perpajakan), Drs. Joko Wiyono, M.A., Benedictus Raksaka Mahi, Ph.D., Dr. Sumihar Petrus Tambunan (Anggota Komite Pengawas Perpajakan), M. Arief Setiawan, S.H., M.H. (Sekretaris Komite Pengawas Perpajakan), Muhammad Irwan, S.E., S.ST. (Kabag Pengawasan Kepabeanan dan Cukai, Setkomwasjak), Herry Setyawan, S.E., M.Si. (Kabag Pengawasan Pajak, Setkomwasjak), dan Imik Eko Putro, S.E. (Konsul Keuangan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Hongkong).

Kegiatan study visit ke Republilk Rakyat Tiongkok dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat langsung kebijakan dan administrasi perpajakan terutama terkait reformasi perpajakan, Pajak Pertambahan Nilai (PPN), sistem manajemen informasi faktur pajak (electronic invoice), kebijakan pemajakan PPN terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), transaksi e-commerce, tata kelola fasilitas Free Trade Zone (FTZ) serta mekanisme pengawasan kebijakan dan administrasi perpajakan.

Study visit dilaksanakan dengan mengunjungi beberapa tempat dan melakukan pertemuan dengan pihak Head Office of State Administration of Taxation (SAT) of The People’s Republic of China, The Department of Free Trade Zone and Special Control Area (General Administration of Customs People’s Republic of China), The Beijing Municipal Bureau of Local Taxation, The Tax Management System in China, dan The Tianjin Free Trade Zone

Beberapa poin penting yang dapat menjadi pelajaran (lesson learned) dari study visit ini adalah komitmen stakeholder dalam pelaksanaan reformasi perpajakan, simplifikasi kebijakan dan administrasi, dan mempercepat mengimplementasikan sistem informasi berbasis teknologi (IT) yang terintegrasi, handal dan advance. (PWA)


Eselon I Kementerian Keuangan