Talkshow Perpajakan: "Menumbuhkan Kepedulian Generasi Milenial Dalam Pengawasan Terhadap Pelaksanaan Kebijakan Dan Administrasi Perpajakan"

4/29/2019 12:55:51 PM

Malang - Komwas Perpajakan bekerja sama dengan Program Studi Perpajakan dan tax center FIA Universitas Brawijaya pada Jumat (26/4) mengadakan kegiatan Komunikasi Publik dengan format Talkshow Perpajakan dengan tema "Menumbuhkan Kepedulian Generasi Milenial Dalam Pengawasan Terhadap Pelaksanaan Kebijakan Dan Administrasi Perpajakan" dengan peserta mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Pada kegiatan ini menghadirkan narasumber Prof. Gunadi, M.Sc., Ak (Ketua Komite Pengawas Perpajakan). Kegiatan dilaksanakan di Kampus Universitas Brawijaya, Jl Veteran, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

Prof. Dr. Gunadi M.Sc., AK selaku Ketua Komite Pengawas Perpajakan menyampaikan bahwa saat ini pemerintah memiliki lembaga yang melindungi aspirasi wajib pajak yaitu Komite Pengawas Perpajakan.

Sebagai lembaga pengawas perpajakan, salah satu tugas yang harus dilakukan adalah melindungi hak-hak wajib pajak dan memperbaiki kebijakan perpajakan. Dengan adanya lembaga ini diharapkan tercipta keseimbangan dalam institusi perpajakan, melalui Direktorat Jenderal Pajak masyarakat dituntut untuk patuh dan melalui komite ini masyarakat dapat menyalurkan keluhan-keluhan tentang hal-hal yang berkaitan dengan pajak. 

Adapun tugas utama dari Komite Pengawas Perpajakan menurut B. Raksaka Mahi, Ph.D. selaku Anggota Komite Pengawas Perpajakan bukanlah sebagai penyusun peraturan perpajakan, tetapi sebagai pemberi masukan dan saran kepada Menteri Keuangan apabila ada konsep peraturan yang berpotensi tidak dapat dilaksanakan dan menimbulkan ketidakadilan.

Dr Sumihar Petrus juga menjelaskan tujuan pembentukan Komite Pengawas Perpajakan adalah salah satu wujud bentuk tax reform. Dengan adanya Komite Pengawas Perpajakan diharapkan dapat menguatkan sinergi antar institusi. Sehingga akan dapat meningkatkan kepatuhan pajak. 

Drs Joko Wiyono, M.A  menambahkan bahwa selain pajak, tugas Komite Pengawas Perpajakan adalah melakukan pengawasan kepabeanan dan cukai. Dengan demikian Komite Pengawas Perpajakan memiliki kewenangan dalam mengawasi pelaksanaan tugas dan fungsi institusi perpajakan di lingkungan Kementerian Keuangan, yaitu Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai serta Badan Kebijakan Fiskal. (PWA)

Eselon I Kementerian Keuangan