Sejarah Komwas Perpajakan

Komwas Perpajakan dibentuk sebagai  implementasi atas amanat UU Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan UU Nomor 16 Tahun 2009 (UU KUP).

Dalam rangka melaksanakan ketentuan Pasal 36C UU KUP tersebut, Menteri Keuangan telah menetapkan Peraturan Menteri Keuangan tentang Komite Pengawas Perpajakan melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 54/PMK.09/2008 Tentang Komite Pengawas Perpajakan, yang di dalamnya mencakup mengenai tugas, keanggotaan, dan kewenangan Komwas Perpajakan.

Selain sebagai implemenatasi atas amanat UU KUP, secara eksplisit Komwas Perpajakan juga dibentuk untuk mewujudkan kultur baru, nilai baru, dan tata kelola yang baik di lingkungan perpajakan, sehingga diharapkan dapat lebih meningkatkan kinerja dan profesionalisme aparat perpajakan dalam melaksanakan tugasnya, yang  pada akhirnya dapat mewujudkan tujuan reformasi bidang perpajakan.

Untuk kali pertama, Komisi ini dilantik oleh Menteri Keuangan pada 26 Maret 2010 dengan keanggotaan yang terdiri atas lima anggota, terdiri dari Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan sebagai anggota tetap, ditambah 4 (empat) orang anggota lain yang sekurang-kurangnya 2 (dua) orang bukan berasal dari pegawai negeri, yaitu:

  1. Drs. Anwar Suprijadi sebagai Ketua merangkap sebagai anggota,
  2. Drs. Abdul Anshari Ritonga, S.H.,M.H. sebagai Wakil Ketua merangkap anggota,
  3. Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan sebagai anggota,
  4. Prof. Shidarta Utama, Ph.D.,CFA sebagai anggota, serta
  5. Prof. Hikmahanto Juwana, S.h., LL.M,Ph.D. sebagai anggota.

Dalam melaksanakan tugasnya, Komwas Perpajakan sejak pertama kali melaksanakan tugasnya sampai dengan saat ini berkantor di Gedung Juanda II Lt. XIV Kementerian Keuangan Jl. Dr. Wahidin No.1 Jakarta 10710.



Eselon I Kementerian Keuangan